Pages

Jumat, 27 April 2012

Fitness dan Diet Ala Wendy - Part 1

Sebenarnya saya tidak berniat untuk menulis ini. Namun, dalam satu bulan terakhir ini, foto profil Facebook dan Twitter saya telah mengundang banyak komentar dari teman-teman saya. Banyak yang terus bertanya apa tipsnya mendapatkan perut rata dengan enam kotak menonjol simetris alias sixpack. Saya sudah sering ditanyai hal ini. Daripada saya jawab satu per satu semua yang bertanya ke saya, lebih baik saya beberkan rahasia-rahasia saya selama setahun ini untuk mendapatkan tubuh atletis.

Pertama, apa sih diet itu? Banyak yang beranggapan diet adalah tidak makan. Padahal, yang dimaksud diet adalah mengatur pola makan. Diet dengan tidak makan justru akan membuat tubuh menjadi lemas dan memberikan pengaruh buruk terhadap kondisi psikologis. Diet yang benar adalah mengatur makanan apa saja yang harus dibatasi konsumsinya, serta mengatur kapan saja harus mengasup makanan dengan jumlah tertentu.

Untuk tahap pertama, lebih baik ubah dulu kebiasaan makan Anda. Pola makan yang paling baik adalah makan sekitar tiga sampai empat jam sekali. Tubuh manusia didesain untuk "menuntut" makanan setiap tiga atau empat jam sekali. Jika Anda masih mempercayai kata guru Biologi Anda ketika SMA, bahwa lambung kita mencerna makanan selama enam jam, itu hanya separuhnya benar. Jika Anda tidak beraktivitas sama sekali, mungkin lambung Anda akan mencerna makanan lebih lama karena tubuh Anda tidak memerlukan banyak energi. Namun, mengingat aktivitas yang padat, tentunya kinerja lambung pun menjadi lebih cepat, sehingga walaupun Anda sudah makan, jangan heran jika tiga jam kemudian Anda merasa lapar.

Jadwal makan tiga jam sekali juga bukan berarti Anda bisa sembarang makan. Seperti yang saya katakan di atas, Anda juga harus memilah makanan apa saja yang patut dikonsumsi dan yang tidak. Makanan paling baik adalah makanan dengan susunan nutrisi high protein, medium carbohydrate, low fat. Jika Anda tidak bisa mendapatkan asupan banyak protein, Anda bisa menggantinya dengan high fibre, karena serat akan membuat Anda merasa kenyang sedikit lebih lama daripada lemak.

Saran saya, cobalah makan lima-enam kali sehari dengan susunan tiga kali makan berat dan tiga kali ngemil. Sekali lagi, ngemil bukan berarti Anda bisa bebas makan keripik kentang kesukaan Anda hingga dua-tiga bungkus sekaligus. Untuk cemilan, konsumsilah cemilan yang bisa memberikan rasa kenyang walaupun dikonsumsi dalam dosis rendah. Jika masih bingung dengan pengaturan makanan Anda, mungkin Anda bisa mengikuti pola makan saya seperti di bawah ini:

Sarapan (07.00-08.00): Roti gandum 2 lembar + susu oatmeal
Cemilan 1 (10.00-11.00): Sepotong dark chocolate
Makan siang (12.00-13.00): Nasi, daging (apa saja), tempe, sayur
Cemilan 2 (15.00-16.00): Roti gandum 2 lembar
Makan malam (18.00-19.00): Gado-gado/ketoprak/ayam bakar
Cemilan 3 (21.00-22.00): Apel 1 buah/Roti gandum 2 lembar

Jadwal makan saya tidak mengikat, tentunya. Bisa dibayangkan betapa bosannya jika Anda harus terus makan gado-gado untuk makan malam, atau terus makan coklat untuk cemilan pagi. Anda bisa memvariasikan menu makan Anda sesuai keinginan Anda. Saya adalah penggemar coklat, sehingga saya mengonsumsi coklat untuk cemilan pagi.

Susu atau sereal bisa jadi alternatif jika Anda tidak suka roti. Namun, kalau bisa, pilihlah susu diet, karena kandungan susu diet berbeda dengan susu instan biasa. Susu diet biasanya diformulasikan khusus sesuai kebutuhan diet Anda, misalnya menambah atau mengurangi berat badan.

Jika Anda sudah berhasil mengatur diet Anda, waktunya ke tahap berikutnya. Jika Anda mendambakan tubuh ideal, jangan hanya terpaku pada diet saja. Ada aktivitas khusus yang harus Anda lakukan di samping menjaga pola makan. Apa itu? Akan saya bahas di bagian berikutnya. Semoga berhasil dengan dietnya, guys. Kalau sudah berhasil, silakan di-share kepada teman-teman yang masih kesulitan dengan dietnya :)

2 komentar:

Ivan mengatakan...

Makasih wen sharingnya... :D
I Hope bisa kayak U hehehe

MarcWen mengatakan...

Sip, ceumungudh kk, wkwkwk. Nih part 2-nya in process :)

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini